Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Merchant

Pengguna dalam hal ini, Merchant Kulina tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Merchant Kulina, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Jejaring Makanan Indonesia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan Aplikasi dan Portal Web Kulina.

A. Definisi

  1. Kulina adalah PT Jejaring Makanan Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia yang bergerak sebagai penyedia layanan pemesanan dan pengantaran makanan di bidang aplikasi dan portal web dengan merek dagang “Kulina”.

  2. Aplikasi Kulina berarti aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh PT Jejaring Makanan Indonesia dengan nama dan merek dagang ‘Kulina’ yang didalamnya terdapat layanan yang memungkinkan Pelanggan untuk memesan Produk yang ditawarkan oleh Merchant Kulina.

  3. Aplikasi dan Portal Web Kulina Instan aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh PT Jejaring Makanan Indonesia dengan nama dan merek dagang ‘Kulina’ yang didalamnya terdapat fitur Kulina Instant Order dan Pre-Order yang merupakan suatu sarana elektronik yang mempertemukan pengguna Aplikasi Kulina dengan Produk yang ditawarkan oleh Merchant Kulina termasuk namun tidak terbatas pada pengelolaan Informasi Pesanan dan Merchant Wallet

  4. Kulina Instan Order adalah suatu fitur dalam Aplikasi Kulina yang menyediakan layanan kepada Pelanggan untuk pemesanan Produk dari Merchant yang akan diantarkan di hari yang sama.

  5. Kulina Pre-Order adalah suatu fitur dalam Aplikasi Kulina yang menyediakan layanan Pre-Order yang terdiri dari Batch Order (pemesanan produk pada masa periode pemesanan dimana pembayaran dilakukan dimuka dengan pengiriman produk sesuai dengan tanggal yang ditentukan oleh Merchant) dan Pre-Order (pemesanan produk dimana pembayaran dilakukan dimuka dan pengiriman produk dilakukan dalam jumlah hari yang disepakati oleh Merchant).

  6. Pengguna adalah individu, merchant dan/atau perusahaan yang menggunakan Situs, platform dan/atau Perangkat Lunak lain yang dikelola oleh Kulina, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan Transaksi dan Mengelola Pesanan.

  7. Merchant adalah pihak yang bertindak sebagai penyedia Produk dan terdaftar baik secara online maupun offline, dan setuju dalam Perjanjian ini maupun perjanjian lainnya.

  8. Formulir adalah Formulir yang disediakan oleh Kulina kepada Merchant Kulina yang disetujui oleh Merchant Kulina untuk mendaftar, menggunakan layanan dan mengaktivasi produk yang terdapat di dalam Aplikasi Kulina Merchant dan/atau melalui Kulina dengan persetujuan dari Kulina.

  9. Hak Kekayaan Intelektual adalah:

    • hak paten, merek dagang, hak cipta (termasuk hak dalam perangkat lunak), nama dagang, nama domain internet, topografi, hak desain, hak moral, hak-hak dalam data basis, rahasia dagang dan informasi rahasia lainnya, ilmu pengetahuan (know-how) dan hak-hak kekayaan intelektual lainnya, baik terdaftar maupun tidak terdaftar, dan termasuk sedang dalam aplikasi untuk pendaftaran, dan seluruh hak atau bentuk perlindungan yang memiliki efek yang serupa dimanapun di dunia ini; 

    • hak berdasarkan lisensi, persetujuan, perintah, peraturan perundang-undangan atau berdasarkan apapun sehubungan dengan poin (a) di atas; 

    • hak yang memiliki dampak atau asal yang sama atau serupa dengan poin (a) dan (b) yang saat ini atau di kemudian hari mungkin timbul; dan 

    • hak untuk menuntut pelanggaran yang sudah ada dari hak-hak yang disebutkan di atas. 

  10. Informasi Pesanan adalah detil informasi terkait dengan pesanan Produk yang dipesan oleh Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada nomor order, jenis dan jumlah Produk yang dipesan Pelanggan, dan alamat tujuan pengantaran pesanan.

  11. Layanan adalah jasa layanan yang ditawarkan oleh Kulina kepada Merchant yang mencakup dan tidak terbatas pada pemasaran dan/atau penawaran jasa yang dapat diakses melalui Aplikasi Kulina Merchant dan untuk proses pengelolaan pemesanannya melalui Kulina dan kegiatan pembelian dan pembayaran Produk/Jasa.

  12. Skema Penggunaan Layanan Kulina adalah bentuk penggunaan layanan Kulina oleh Merchant yang mengacu pada proses kerja Kulina diantaranya namun tidak terbatas pada pemesanan dan pengantaran (order and delivery service) dan pemasaran Produk,  dan ketentuan lainnya sesuai kesepakatan para pihak yang selanjutnya diatur pada Lampiran - Skema Penggunaan Layanan Kulina Merchant.

  13. Peraturan Operasional Harian adalah bentuk operasional yang berhubungan namun tidak terbatas pada kemasan, produksi, produk, dan pengantaran antara Merchant dengan Kulina.

  14. Mitra Pengantaran adalah pihak yang ditentukan oleh Kulina untuk melaksanakan pengantaran Produk yang sebelumnya telah dipesan Pelanggan melalui Kulina. 

  15. Pelanggan adalah pengguna terdaftar baik pribadi maupun perusahaan yang menggunakan Aplikasi dan Portal Web Kulina.

  16. Produk adalah barang dan jasa berupa makanan dan/atau minuman yang diproduksi, didistribusi dan/atau dimiliki oleh Merchant.

  17. Transaksi adalah kegiatan pemesanan dan pembayaran Produk yang dipesan melalui Kulina dan/atau kegiatan pembelian dan pembayaran Produk dari Merchant Kulina yang dilakukan oleh Pelanggan dan diproses melalui Kulina.

  18. Rating & Review adalah penilaian dan respon yang diberikan oleh Pelanggan melalui fitur Aplikasi dan Portal Web Kulina yang selanjutnya menjadi acuan Evaluasi.

  19. Evaluasi adalah ulasan rating & review yang didukung dengan pengamatan langsung Kulina untuk tujuan pengembangan kualitas Merchant Kulina.

  20. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan lain yang diberlakukan oleh Kulina maupun Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan Aplikasi dan Portal Web maupun fitur-fitur di dalam Aplikasi dan Portal Web (sebagaimana berlaku dan termasuk namun tidak terbatas kepada setiap Syarat dan Ketentuan serta Kode Etik yang diberlakukan oleh Kulina sehubungan dengan penggunaan Aplikasi dan Portal Web oleh Merchant) sebagaimana tertera pada tautan berikut https://www.mkt.kulina.id/syaratdanketentuan dan https://www.kulina.id/a/kode-etik

  21. Merchant Wallet adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam Kulina Merchant dimana seluruh pembayaran Transaksi akan tercatat di dalamnya dan Merchant dapat melakukan Settlement atas saldo yang dimilikinya. 

  22. Saldo Merchant adalah jumlah saldo yang ada pada Merchant Wallet yang bersumber dari seluruh hasil transaksi Kulina Instant Order dan Pre-Order. Saldo yang masuk ke dalam Merchant Wallet adalah jumlah saldo yang telah dikurangi Biaya Jasa dan biaya-biaya lainnya (jika ada).

  23. Biaya Jasa adalah biaya-biaya yang dikenakan Kulina terhadap Merchant termasuk dan tidak terbatas pada biaya pemasaran, biaya layanan dan biaya-biaya lainnya. Kulina dalam hal ini, wajib memberitahukan mengenai rincian Biaya Jasa yang dikenakan kepada Merchant.

  24. Jasa Pemasaran adalah biaya yang diberlakukan oleh Kulina terhadap Produk Merchant atas penggunaan layanan Kulina oleh Merchant.

  25. Settlement adalah proses pengkreditan dana hasil Transaksi yang telah dikurangi biaya transfer yang diproses melalui Kulina ke Rekening Bank Merchant, baik berdasarkan perintah dari Merchant atau yang secara otomatis dilakukan secara terjadwal sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini dan SOP.

B. Ruang Lingkup

  1. Perjanjian ini ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina dan/atau Ketentuan Penggunaan lain yang termasuk dalam lingkup Ketentuan Penggunaan Layanan.

  2. Merchant sepakat untuk menggunakan layanan Kulina meliputi namun tidak terbatas pada pemesanan dan pengantaran (order and delivery service) Produk yang dipesan oleh Pelanggan melalui Aplikasi Kulina Merchant dan pemasaran Produk, dimana jasa layanan tersebut didukung dengan penggunaan layanan Kulina oleh Merchant

C. Umum

  1. Layanan Kulina Merchant hanya dapat digunakan oleh Merchant yang telah mendaftarkan diri, menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta yang sudah diverifikasi sesuai kebijakan dari Kulina.

  2. Merchant dengan ini menyatakan bahwa Merchant adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

  3. Kulina tidak memungut biaya pendaftaran kepada Merchant.

  4. Kulina berhak untuk menggunakan data Merchant untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Kulina untuk keuntungan pribadi Merchant, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Aplikasi Kulina Merchant, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

  5. Kulina berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan untuk keuntungan pribadi Merchant, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

D. Pengajuan Merchant Kulina

  1. Untuk dapat menjadi Merchant Kulina, Merchant harus mengajukan permohonan melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Kulina.

  2. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Kulina dalam jangka waktu sesuai dengan kebijakan Kulina. Merchant yang sudah terverifikasi akan diinformasikan oleh Kulina melalui media yang dipilih Kulina.

  3. Merchant menjamin dan bertanggung jawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Merchant  Kulina dan menyetujui bahwa informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan dan/atau disampaikan oleh Kulina kepada pihak ketiga semata-mata hanya untuk kepentingan pelaksanaan verifikasi sehubungan dengan pendaftaran Merchant Kulina.

  4. Merchant menyetujui dan memberikan wewenang kepada Kulina untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang terdapat dalam formulir laman Merchant pada Aplikasi Kulina Merchant.

E. Akun, Password, dan Keamanan

  1. Kulina memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Merchant.

  2. Merchant dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Kulina, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan peramban (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

  3. Kulina memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang diperlukan yang mengakibatkan Merchant tidak dapat menggunakan Saldo Merchant apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini. "Tindak Kecurangan" adalah adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya salah satu dari hal-hal berikut ini:

    • transaksi mencurigakan pada Merchant Wallet; dan/atau,

    • penyalahgunaan (abuse) dan/atau transaksi fiktif, baik yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya atau dengan bekerja sama dengan penipu (fraudster); dan/atau,

    • penipuan (fraud) yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya.

  4. Adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya Tindakan Kecurangan, memberikan hak bagi Kulina, berdasarkan pertimbangan dan kebijakannya sendiri, untuk seketika dan secara langsung:

    • tidak melanjutkan proses pendaftaran Merchant,

    • menghentikan setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran dengan Merchant,

    • menghentikan sementara Layanan yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada Merchant,

    • menahan dan/atau menangguhkan dana Settlement,

    • menolak pembayaran dan/atau memotong bagian dari dana Settlement sebagai pemulihan atas kerugian yang dialami oleh Kulina dan/atau pihak ketiga lainnya; dan/atau,

    • mengajukan klaim, gugatan dan/atau tuntutan hukum dalam bentuk apapun atas setiap kerugian yang dialami oleh Kulina.

  5. Merchant bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Merchant.

  6. Kulina tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode one time password (“OTP”) milik akun Merchant untuk alasan apapun, oleh karena itu, Kulina menghimbau Merchant agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Kulina atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

  7. Merchant dengan ini menyatakan bahwa Kulina tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Merchant yang diakibatkan oleh kelalaian Merchant, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Merchant lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Merchant.

F. Masa Berlaku

  1. Penggunaan Layanan Kulina berdasarkan Perjanjian ini dimulai sejak tanggal ditandatanganinya Perjanjian ini dan berlangsung untuk periode 1 (satu) tahun (selanjutnya disebut “Masa Berlaku”).

  2. Masa Berlaku akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dan demikian seterusnya, kecuali jika salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan untuk tidak memperpanjang Masa Berlaku paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum habisnya Masa Berlaku. Pemberitahuan tersebut dapat diberitahukan kepada salah satu Pihak melalui surat elektronik dan/atau media komunikasi lain yang dipilih oleh salah satu Pihak. Pemberitahuan tersebut selanjutnya wajib untuk dikonfirmasi oleh Pihak yang menerima pemberitahuan tersebut.

G. Biaya Jasa dan Cara Pembayaran

  1. Atas Layanan yang diberikan oleh Kulina, Para Pihak sepakat bahwa Kulina memiliki hak untuk mendapatkan Biaya Jasa yang diatur pada Lampiran Skema Penggunaan Layanan Kulina Merchant bagian Biaya Jasa Pre-Order dan Instant Order.

  2. Penghitungan Biaya Jasa akan dihitung berdasarkan Transaksi yang tercatat pada sistem Kulina yang terdiri dari jumlah harga Produk yang dipesan oleh Pelanggan tidak termasuk Pajak Restoran (PB1) dan service charge, jika ada (selanjutnya disebut Penjualan Bersih). Biaya Jasa sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Apabila Merchant menerapkan Pajak Restoran (PB1) dan service charge, Merchant wajib menginformasikan terlebih dahulu kepada Kulina besaran persentase yang diterapkan.

  3. Biaya Jasa akan didapatkan oleh Kulina dengan melakukan pemotongan dari Merchant Wallet atas setiap pembayaran Transaksi yang diterima oleh Merchant dan Kulina dapat menunjuk Afiliasinya untuk melakukan pemotongan Biaya Jasa dari Merchant Wallet.

  4. Kecuali ditentukan lain dalam Perjanjian ini, semua jenis pajak, biaya ataupun pungutan lainnya, baik yang ada saat ini maupun yang ada dikemudian hari, yang wajib dibayarkan ke pemerintah yang berkaitan dengan Transaksi berdasarkan Perjanjian ini, wajib ditanggung oleh masing-masing Pihak sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

  5. Jika diperlukan, Para Pihak setuju untuk saling memberikan dokumen yang berkaitan dengan pembayaran pajak sehubungan Perjanjian ini.

H. Saldo Merchant

  1. Merchant tidak dapat mengalihkan, mentransfer, memberikan dan melakukan tindakan pengalihan dalam bentuk apapun atas jumlah dana dalam Saldo Merchant kepada pihak lainnya baik yang berkaitan maupun tidak dengan Merchant Kulina.

  2. Merchant dapat melakukan pencairan dana Saldo Merchant dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Penarikan dana sesama bank dan/ataupun antar bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam pada hari kerja.

    • Untuk pencairan dana apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Merchant.

  3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Perjanjian ini, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Merchant Kulina memahami dan menyetujui bahwa Kulina berhak melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Merchant Kulina.

  4. Pemeriksaan dan/atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam pasal Pasal (8) Ayat (3) dapat dilakukan dalam jangka waktu yang sepenuhnya ditentukan oleh Kulina.

I. Transaksi

  1. Merchant wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Kulina.

  2. Merchant memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Produk merupakan tanggung jawab Merchant yang menawarkan Produk tersebut. Ketersediaan stok Produk dapat diubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk tidak sesuai atau kurang dari jumlah yang dipesan oleh Pelanggan, maka Merchant wajib untuk memastikan ketersediaan stok dan status kesediaan stok pada Aplikasi Kulina Merchant secara berkala.

  3. Merchant memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Merchant dan Pelanggan selain melalui Aplikasi Kulina Merchant dan/atau tanpa sepengetahuan Kulina (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Situs/Aplikasi atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Merchant.

  4. Pengembalian dana dari Kulina kepada Merchant Kulina, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

    • Produk hilang dalam pengiriman dan/atau tidak sampai dan masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Mitra Pengantaran yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai,

    • Penyelesaian permasalahan melalui komunikasi dengan tim Customer Experience Kulina berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Merchant Kulina dan/atau hasil keputusan dari Kulina berupa pengembalian dana kepada Merchant Kulina.

  5. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Merchant yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana, dimana pengembalian dana tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu maksimal 3x24 jam sejak pengajuan atau jangka waktu lainnya yang ditentukan oleh Kulina.

  6. Kulina berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Mitra Pengantaran dan Merchant, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Mitra Pengantaran dan Merchant untuk mematuhinya.

  7. Merchant memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama PT Jejaring Makanan Indonesia.

J. Harga

  1. Harga Produk yang terdapat dalam Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant adalah harga yang ditetapkan oleh Merchant.

  2. Merchant memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant dikarenakan browser/ISP yang dipakai Merchant adalah tanggung jawab Merchant.

  3. Merchant memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Merchant tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Kulina.

  4. Kulina untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.


K. Promosi

  1. Untuk mendukung penyediaan layanan Kulina, Merchant setuju untuk melakukan pemasaran sebagaimana disepakati dengan Kulina.

  2. Setiap materi promosi dan/atau pemasaran yang dibuat dan akan ditampilkan oleh Merchant  terkait Kulina Instant Order dan Pre-Order harus mematuhi pedoman pemasaran sebagaimana terdapat di Syarat dan Ketentuan.

  3. Setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran yang dilakukan oleh Merchant melalui layanan Kulina harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Kulina serta pedoman pemasaran sebagaimana terdapat dalam Syarat dan Ketentuan.

L. Pengiriman Produk

  1. Pengiriman Produk ditujukan ke alamat yang terdaftar saat Pelanggan melakukan check out. Setelah Pelanggan check out, Pelanggan tidak dapat mengubah alamat pengiriman tersebut.

  2. Pengiriman Produk oleh Merchant akan dilakukan melalui Mitra Pengantaran yang telah ditentukan oleh Kulina.

  3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya Mitra Pengantaran yang telah disetujui oleh Kulina.

  4. Merchant memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk oleh Mitra Pengantaran adalah merupakan tanggung jawab Mitra Pengantaran

  5. Merchant memahami dan menyetujui apabila ditemukan permasalahan pengiriman yang diakibatkan oleh gangguan pada aplikasi Kulina adalah merupakan tanggung jawab Kulina selaku pihak yang bertanggung jawab penuh atas permasalahan tersebut.

M. Penyelesaian Sengketa dan Perselisihan

  1. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan Perjanjian ini, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut dalam 30 (tiga puluh) hari kalender sejak terjadinya perselisihan tersebut melalui perundingan secara musyawarah menuju mufakat.  

  2. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan melalui perundingan secara musyawarah menuju mufakat, maka Para Pihak akan menyelesaikan perselisihan tersebut melalui arbitrase sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).  

  3. Arbitrase akan dilakukan oleh 3 (tiga) arbiter (“Panel Arbiter”).  Tempat arbitrase adalah di Jakarta, Indonesia.  Bahasa yang digunakan dalam arbitrase adalah Bahasa Indonesia.  Putusan dari Panel Arbiter adalah final dan mengikat Para Pihak.

N. Keadaan Kahar

  1. Yang dimaksud dengan Keadaan Kahar (Force Majeure) dalam perjanjian ini adalah suatu kejadian yang termasuk tetapi tidak terbatas pada: perselisihan perburuhan, tindakan Tuhan seperti: gempa bumi; badai; banjir; letusan gunung berapi; kebakaran; peledakan; kecelakaan, undang-undang, peraturan atau perintah suatu pemerintah atau badan-badan pemerintah; putusan atau perintah suatu pengadilan; tindakan perang atau kondisi yang timbul dari atau disebabkan oleh perang, baik yang dinyatakan atau tidak; kerusuhan; teroris atau kegiatan kriminal lain; huru-hara atau pemberontakan; atau sebab-sebab lainnya yang sama dengan tersebut di atas, telah disetujui bahwa suatu Pihak tidak dapat menuntut Pihak lainnya berdasarkan Perjanjian ini sepanjang kejadian tersebut dan/atau force majeure terjadi sebagai akibat langsung dari tindakan atau tidak dilakukannya suatu tindakan, atau tindakan atau tidak dilakukannya suatu tindakan orang lain di bawah kuasanya.

  2. Pihak yang terkena force majeure berkewajiban untuk memberitahukan kepada Pihak lainnya paling lambat 1 (satu) hari kalender setelah force majeure tentang penundaan pelaksanaan Pekerjaan akibat force majeure beserta alasan-alasannya, jangka waktu yang diharapkan dalam pelaksanaan Pekerjaan dan harus berusaha sewajarnya dengan Kerja Sama Pihak lainnya untuk memulai kembali pelaksanaan pekerjaan secepat mungkin.

  3. Dalam hal force majeure berlanjut dan tidak dapat diperbaiki sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal terjadinya force majeure, maka Pihak yang tidak terkena force majeure berhak mengakhiri Perjanjian dengan surat pemberitahuan yang akan berlaku terhitung sejak surat diterima oleh Pihak yang terkena force majeure yang dibuktikan dengan tanda terima.


O. Pembebasan Tanggung Jawab

  1. Kulina adalah suatu perusahaan Aplikasi & Portal Web yang menyediakan platform dalam menyediakan layanan kepada Merchant untuk dapat menjadi Merchant di Aplikasi Kulina Merchant. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antara Merchant dan Pelanggan, sehingga Merchant memahami bahwa batasan tanggung jawab Kulina secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa Aplikasi & Portal Web Kulina.

  2. Kulina selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi Kulina tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

  3. Merchant setuju bahwa dengan memanfaatkan Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant atas risiko Merchant sendiri, dan Aplikasi Kulina dan/atau Aplikasi Kulina Merchant diberikan kepada Merchant pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

  4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Kulina (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Merchant setuju untuk tidak menuntut Kulina bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Merchant dalam menggunakan Aplikasi Kulina Merchant

    • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi Kulina Merchant

    • Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi Kulina Merchant.

    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Merchant.

    • Kualitas, keamanan, kebersihan Produk.

    • Pengiriman Produk.

    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

    • Perselisihan antar Merchant dan  perselisihan antar Merchant dengan Pelanggan.

    • Pencemaran nama baik pihak lain.

    • Setiap penyalahgunaan Produk yang sudah dibeli oleh Pelanggan.

    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Aplikasi & Portal Web Kulina.

    • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi Kulina Merchant.

    • Kerusakan pada perangkat keras Merchant dari penggunaan Aplikasi Kulina Merchant.

    • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Aplikasi Kulina Merchant yang tidak sesuai.

    • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Merchant.

    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Merchant.

P. Kerahasiaan

  1. Masing-masing Pihak wajib menjaga dan harus memastikan agar pejabat dan/atau karyawannya menjaga kerahasiaan Perjanjian, Syarat dan Ketentuan serta data terkait dengan Perjanjian ini dan oleh karenanya wajib memastikan bahwa pejabat dan/atau karyawannya tidak mengungkapkan Perjanjian, Syarat dan Ketentuan serta data terkait dengan Perjanjian ini kepada pihak lain tanpa mendapat persetujuan tertulis sebelumnya dari Pihak lainnya dalam Perjanjian ini kecuali diperintahkan secara lain oleh hukum atau perintah pengadilan.

  2. Masing-masing Pihak wajib memastikan agar pejabat dan/atau karyawannya menjaga kerahasiaan semua informasi berkenaan dengan pelanggan atau informasi lainnya berkenaan dengan pihak ketiga dan/atau pihak lainnya yang diperolehnya melalui dan/atau dalam rangka Perjanjian ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak pemilik informasi. Masing-masing Pihak dilarang untuk:

    • membocorkan atau mengungkapkan informasi-informasi tersebut kepada pihak ketiga dan pihak lainnya kecuali diperintahkan sebaliknya oleh hukum atau perintah pengadilan; dan

    • menggunakan informasi tersebut untuk maksud lain selain untuk atau dalam rangka pelaksanaan Perjanjian ini.

  3. Kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal ini tetap mengikat Para Pihak meskipun Perjanjian ini berakhir.

  4. Dalam hal terjadi pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang disebutkan dalam Pasal ini, Pihak yang melakukan pelanggaran dapat dituntut sesuai hukum yang berlaku baik secara pidana maupun perdata.

Q. Keterpisahan

  1. Ketidakabsahan atau ketidakberlakuan karena alasan apapun dari suatu bagian dalam Perjanjian ini tidak akan mengurangi atau mempengaruhi keabsahan atau keberlakuan bagian lainnya dalam Perjanjian ini.

  2. Jika pelaksanaan lebih lanjut atas Perjanjian ini atau bagian dari Perjanjian ini secara sah menjadi tidak mungkin dilakukan berdasarkan putusan akhir atau penetapan akhir dari suatu pengadilan yang berwenang, komisi atau instansi pemerintah atau otoritas sejenis yang memiliki kewenangan atas salah satu Pihak, maka Para Pihak harus segera melakukan upaya sewajarnya untuk menyepakati perubahan terhadap agar dapat mematuhi putusan atau penetapan tersebut.

R. Perubahan

  1. Kulina memiliki hak untuk menambah atau mengubah Syarat dan Ketentuan tanpa persetujuan Merchant. Namun demikian, Kulina wajib memberitahukan perubahan tersebut melalui surat elektronik atau media apapun yang dipilih Kulina dan Merchant memiliki kesempatan untuk mengajukan keberatan dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal penerimaan pemberitahuan perubahan tersebut.

Gedung Kulina Lt. 3, Jalan Tulodong Atas No. 28, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190, Indonesia

Support

hello@kulina.id

Telp. 08112657575

WA 08112657575

Made with ❤️ from Indonesia. Kulina ©2021