Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Instan

Pengguna dalam hal ini, Merchant Kulina Instan tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

 

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Merchant Kulina Instan, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Jejaring Makanan Indonesia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan Aplikasi dan Portal Web Kulina Instan.

A. Definisi

  1. Kulina adalah PT Jejaring Makanan Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia yang bergerak sebagai penyedia layanan pemesanan dan pengantaran makanan di bidang aplikasi dan portal web dengan merek dagang “Kulina”.

  2. Aplikasi Kulina berarti aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh PT Jejaring Makanan Indonesia dengan nama dan merek dagang ‘Kulina’ yang didalamnya terdapat fitur Kulina Instan yang merupakan suatu sarana elektronik yang mempertemukan pengguna Aplikasi Kulina dengan Produk yang ditawarkan oleh Merchant Kulina Instan.

  3. Aplikasi dan Portal Web Kulina Instan berarti aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh PT Jejaring Makanan Indonesia yang merupakan suatu sarana elektronik untuk membantu Merchant mengelola Produk yang terdaftar di dalam Kulina Instan, termasuk namun tidak terbatas pada pengelolaan Informasi Pesanan dan Merchant Wallet

  4. Kulina Instan adalah suatu fitur dalam Aplikasi Kulina yang menyediakan layanan kepada Pelanggan untuk pemesanan Produk dari Restoran yang akan dijual oleh Merchant sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, termasuk namun tidak terbatas pada pengantaran dilakukan oleh Mitra Pengantaran Kulina.

  5. Pengguna adalah individu, merchant dan/atau perusahaan yang menggunakan layanan Aplikasi dan Portal Web Kulina Instan.

  6. Formulir adalah Formulir yang disediakan oleh Kulina kepada Merchant Kulina Instan yang disetujui oleh Merchant Kulina Instan untuk mendaftar, menggunakan layanan dan mengaktivasi produk yang terdapat di dalam Aplikasi & Portal Web Kulina dan/atau melalui Kulina dengan persetujuan dari Kulina.

  7. Hak Kekayaan Intelektual adalah: 

    • hak paten, merek dagang, hak cipta (termasuk hak dalam perangkat lunak), nama dagang, nama domain internet, topografi, hak desain, hak moral, hak-hak dalam data basis, rahasia dagang dan informasi rahasia lainnya, ilmu pengetahuan (know-how) dan hak-hak kekayaan intelektual lainnya, baik terdaftar maupun tidak terdaftar, dan termasuk sedang dalam aplikasi untuk pendaftaran, dan seluruh hak atau bentuk perlindungan yang memiliki efek yang serupa dimanapun di dunia ini; 

    • hak berdasarkan lisensi, persetujuan, perintah, peraturan perundang-undangan atau berdasarkan apapun sehubungan dengan poin (a) di atas; 

    • hak yang memiliki dampak atau asal yang sama atau serupa dengan poin (a) dan (b) yang saat ini atau di kemudian hari mungkin timbul; dan 

    • hak untuk menuntut pelanggaran yang sudah ada dari hak-hak yang disebutkan di atas. 

  8. Informasi Pesanan adalah detil informasi terkait dengan pesanan Produk yang dipesan oleh Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada nomor order, jenis dan jumlah Produk yang dipesan Pelanggan, dan alamat tujuan pengantaran pesanan.

  9. Layanan adalah jasa layanan yang ditawarkan oleh Kulina kepada Merchant yang mencakup dan tidak terbatas pada pemasaran dan/atau penawaran jasa yang dapat diakses melalui Aplikasi dan Portal Web Kulina dan untuk proses pengelolaan pemesanannya melalui Kulina dan kegiatan pembelian dan pembayaran Produk/Jasa.

  10. Skema Penggunaan Layanan Kulina adalah bentuk penggunaan layanan Kulina oleh Merchant yang mengacu pada proses kerja Kulina diantaranya namun tidak terbatas pada pemesanan dan pengantaran (order and delivery service) dan pemasaran Produk,  dan ketentuan lainnya sesuai kesepakatan para pihak yang selanjutnya diatur pada Lampiran - Skema Penggunaan Layanan Kulina.

  11. Peraturan Operasional Harian adalah bentuk operasional yang berhubungan namun tidak terbatas pada kemasan, produksi, produk, dan pengantaran antara Merchant dengan Kulina.

  12. Mitra Pengantaran adalah pihak yang ditentukan oleh Kulina untuk melaksanakan pengantaran Produk yang sebelumnya telah dipesan Pelanggan melalui Kulina. 

  13. Pelanggan adalah pengguna terdaftar baik pribadi maupun perusahaan yang menggunakan Aplikasi dan Portal Web Kulina.

  14. Produk adalah barang dan jasa berupa makanan dan/atau minuman yang diproduksi, didistribusi dan/atau dimiliki oleh Merchant Kulina Instan.

  15. Transaksi adalah kegiatan pemesanan dan pembayaran Produk yang dipesan melalui Kulina dan/atau kegiatan pembelian dan pembayaran Produk dari Merchant Kulina Instan yang dilakukan oleh Pelanggan dan diproses melalui Kulina.

  16. Rating & Review adalah penilaian dan respon yang diberikan oleh Pelanggan melalui fitur Aplikasi dan Portal Web Kulina yang selanjutnya menjadi acuan Evaluasi.

  17. Evaluasi adalah ulasan rating & review yang didukung dengan pengamatan langsung Kulina untuk tujuan pengembangan kualitas Merchant Kulina Instan.

  18. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan Merchant Kulina Instan pada Lampiran - Syarat dan Ketentuan atau syarat dan ketentuan lain yang diberlakukan oleh Kulina maupun syarat dan ketentuan untuk penggunaan Aplikasi dan Portal Web maupun fitur fitur didalam Aplikasi dan Portal Web (sebagaimana berlaku dan termasuk namun tidak terbatas kepada setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Kulina sehubungan dengan penggunaan Aplikasi dan Portal Web oleh Merchant). 

  19. Merchant Wallet adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam Kulina Instan dimana seluruh pembayaran Transaksi akan tercatat di dalamnya dan Merchant dapat melakukan Settlement atas saldo yang dimilikinya. 

  20. Saldo Merchant adalah jumlah saldo yang ada pada Merchant Wallet. Saldo yang masuk ke dalam Merchant Wallet adalah jumlah saldo yang telah dikurangi Biaya Jasa dan biaya-biaya lainnya (jika ada).

  21. Biaya Jasa adalah biaya-biaya yang dikenakan Kulina terhadap Merchant termasuk dan tidak terbatas pada biaya pemasaran, biaya layanan dan biaya-biaya lainnya. Kulina dalam hal ini, wajib memberitahukan mengenai rincian Biaya Jasa yang dikenakan kepada Merchant.

  22. Jasa Pemasaran adalah biaya yang diberlakukan oleh Kulina terhadap Produk Merchant atas penggunaan layanan Kulina oleh Merchant.

  23. Settlement adalah proses pengkreditan dana hasil pembayaran Transaksi yang telah dikurangi biaya transfer yang diproses melalui Kulina ke Rekening Bank Merchant, baik berdasarkan perintah dari Merchant atau yang secara otomatis dilakukan secara terjadwal sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini dan SOP.

 B. Umum

  1. Layanan Kulina Instan hanya dapat digunakan oleh Pengguna yang telah mendaftarkan diri, menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta yang sudah diverifikasi sesuai kebijakan dari Kulina.

  2. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

  3. Kulina tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.

  4. Kulina berhak untuk menggunakan data Pengguna untuk penelusuran indikasi manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan fitur Kulina untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Aplikasi & Portal Web Kulina, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

  5. Kulina berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada penghentian penggunaan Aplikasi & Portal Web Kulina, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Aplikasi & Portal Web Kulina, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

  6. Kulina berhak melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini.

C. Pengajuan Merchant Kulina Instan

  1. Untuk dapat menjadi Merchant Kulina Instan, Pengguna harus mengajukan permohonan melalui formulir daring yang telah disediakan oleh Kulina.

  2. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Kulina dalam jangka waktu sesuai dengan kebijakan Kulina. Merchant yang sudah terverifikasi akan diinformasikan oleh Kulina melalui media yang dipilih Kulina.

  3. Pengguna menjamin dan bertanggungjawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Pengguna yakni Merchant Kulina Instan.

  4. Pengguna menyetujui bahwa informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan dan/atau disampaikan oleh Kulina kepada pihak ketiga semata-mata hanya untuk kepentingan pelaksanaan verifikasi sehubungan dengan pendaftaran Merchant Kulina Instan.

  5. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Kulina untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang terdapat dalam formulir laman Pengguna pada Aplikasi & Portal Web Kulina.

D. Akun, Password, dan Keamanan

  1. Kulina tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Pengguna.

  2. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Kulina, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan peramban (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

  3. Kulina memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang diperlukan yang mengakibatkan Pengguna tidak dapat menggunakan Saldo Merchant apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini. "Tindak Kecurangan" adalah adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya salah satu dari hal-hal berikut ini:

    • transaksi mencurigakan pada Merchant Wallet; dan/atau,

    • penyalahgunaan (abuse) dan/atau transaksi fiktif, baik yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya atau dengan bekerja sama dengan penipu (fraudster); dan/atau,

    • penipuan (fraud) yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya.

  4. Adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya Tindakan Kecurangan, memberikan hak bagi Kulina, berdasarkan pertimbangan dan kebijakannya sendiri, untuk seketika dan secara langsung:

    • tidak melanjutkan proses pendaftaran Merchant,

    • menghentikan setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran dengan Merchant,

    • menghentikan sementara Layanan yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada Merchant,

    • menahan dan/atau menangguhkan dana Settlement,

    • menolak pembayaran dan/atau memotong bagian dari dana Settlement sebagai pemulihan atas kerugian yang dialami oleh Kulina dan/atau pihak ketiga lainnya; dan/atau,

    • mengajukan klaim, gugatan dan/atau tuntutan hukum dalam bentuk apapun atas setiap kerugian yang dialami oleh Kulina.

  5. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

  6. Kulina tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode one time password (“OTP”) milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu, Kulina menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Kulina atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

  7. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Kulina tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi OTP, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

E. Biaya Jasa dan Cara Pembayaran

  1. Atas Layanan yang diberikan oleh Kulina, Para Pihak sepakat bahwa Kulina memiliki hak untuk mendapatkan Biaya Jasa sebesar 20% (dua puluh persen) dari setiap Transaksi pembelian Produk yang dipesan oleh Pelanggan termasuk biaya lainnya yang dikenakan oleh Merchant, jika ada.

  2. Masa Berlaku akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dan demikian seterusnya, kecuali jika salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan tertulis untuk tidak memperpanjang Masa Berlaku paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum habisnya Masa Berlaku.

  3. Penghitungan Biaya Jasa akan dihitung berdasarkan Transaksi yang tercatat pada sistem Kulina yang terdiri dari jumlah harga Produk yang dipesan oleh Pelanggan tidak termasuk Pajak Restoran (PB1) dan service charge, jika ada (selanjutnya disebut Penjualan Bersih). Biaya Jasa termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Apabila Merchant menerapkan Pajak Restoran (PB1) dan service charge, Merchant wajib menginformasikan terlebih dahulu kepada Kulina besaran persentase yang diterapkan.

  4. Biaya Jasa akan didapatkan oleh Kulina dengan melakukan pemotongan dari Merchant Wallet atas setiap pembayaran Transaksi yang diterima oleh Merchant dan Kulina dapat menunjuk Afiliasinya untuk melakukan pemotongan Biaya Jasa dari Merchant Wallet.

  5. Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, semua jenis pajak, biaya ataupun pungutan lainnya, baik yang ada saat ini maupun yang ada dikemudian hari, yang wajib dibayarkan ke pemerintah yang berkaitan dengan Transaksi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, wajib ditanggung oleh masing-masing Pihak sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

  6. Jika diperlukan, Para Pihak setuju untuk saling memberikan dokumen yang berkaitan dengan pembayaran pajak sehubungan Syarat dan Ketentuan ini.

F. Saldo Merchant

  1. Pengguna tidak dapat mengalihkan, mentransfer, memberikan dan melakukan tindakan pengalihan dalam bentuk apapun atas jumlah dana dalam Saldo Merchant kepada pihak lainnya baik yang berkaitan maupun tidak dengan Merchant Kulina Instan.

  2. Pengguna dapat melakukan pencairan dana Saldo Merchant dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Penarikan dana sesama bank dan/ataupun antar bank akan diproses dalam waktu 3x24 jam pada hari kerja.

    • Untuk penarikan dana apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.

  3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Kulina, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Merchant Kulina Instan memahami dan menyetujui bahwa Kulina berhak melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Merchant Kulina Instan.

  4. Pemeriksaan dan/atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 di atas dapat dilakukan dalam jangka waktu yang sepenuhnya ditentukan  oleh Kulina.

 G. Transaksi

  1. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Kulina.

  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Produk merupakan tanggung jawab Pengguna yang menawarkan Produk tersebut. Ketersediaan stok Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk tidak sesuai atau kurang dari jumlah yang dipesan oleh Pelanggan,  maka Pengguna wajib untuk memastikan ketersediaan stok dan status kesediaan stok pada Aplikasi & Portal Web Kulina secara berkala.

  3. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pengguna dan Pelanggan selain melalui Aplikasi & Portal Web Kulina dan/atau tanpa sepengetahuan Kulina (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Situs/Aplikasi atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.

  4. Pengembalian dana dari Kulina kepada Merchant Kulina Instan, baik sebagian maupun seluruhnya, hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

    • Produk hilang dalam pengiriman dan/atau tidak sampai dan masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Mitra Pengantaran yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai,

    • Penyelesaian permasalahan melalui komunikasi dengan tim Customer Experience Kulina berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Merchant Kulina Instan dan/atau hasil keputusan dari Kulina berupa pengembalian dana kepada Merchant Kulina Instan.

  5. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Merchant yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana, dimana pengembalian dana tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu maksimal 3x24 jam sejak pengajuan atau jangka waktu lainnya yang ditentukan oleh Kulina.

  6. Kulina berwenang memfasilitasi dan menentukan solusi atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Mitra Pengantaran dan Pengguna, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Mitra Pengantaran dan Pengguna untuk mematuhinya.

  7. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama PT Jejaring Makanan Indonesia.

H. Harga

  1. Harga Produk yang terdapat dalam Aplikasi & Portal Web Kulina adalah harga yang ditetapkan oleh Pengguna.

  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Aplikasi & Portal Web Kulina dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.

  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Pengguna tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Kulina.

  4. Kulina untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.


I. Promosi

  1. Untuk mendukung penyediaan layanan Kulina Instan, Pengguna setuju untuk melakukan pemasaran sebagaimana disepakati dengan Kulina.

  2. Setiap materi promosi dan/atau pemasaran yang dibuat dan akan ditampilkan oleh Pengguna  terkait Kulina Instan harus mematuhi pedoman pemasaran sebagaimana terdapat di SOP.

  3. Setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran yang dilakukan oleh Pengguna melalui Kulina Instan harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Kulina serta pedoman pemasaran sebagaimana terdapat dalam SOP.

J. Pengiriman Produk

  1. Pengiriman Produk ditujukan ke alamat yang terdaftar saat Pelanggan melakukan check out. Setelah Pelanggan check out, Pelanggan tidak dapat mengubah alamat pengiriman tersebut.

  2. Pengiriman Produk oleh Pengguna akan dilakukan melalui Mitra Pengantaran yang telah ditentukan oleh Kulina.

  3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya Mitra Pengantaran yang telah disetujui oleh Kulina.

  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk oleh Mitra Pengantaran adalah merupakan tanggung jawab Mitra Pengantaran

K. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Kulina adalah suatu perusahaan Aplikasi & Portal Web yang menyediakan platform dalam menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Merchant Kulina Instan di Aplikasi & Portal Web Kulina. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna dan Pelanggan, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Kulina secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa Aplikasi & Portal Web Kulina dan Aplikasi & Portal Web Kulina Instan.

  2. Kulina selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi & Portal Web Kulina dan Aplikasi & Portal Web Kulina Instan aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi Kulina tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi & Portal Web Kulina dan   Aplikasi & Portal Web Kulina Instan dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Aplikasi & Portal Web Kulina memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

  3. Pengguna setuju bahwa dengan memanfaatkan Aplikasi & Portal Web Kulina  atas risiko Pengguna sendiri, dan Aplikasi & Portal Web Kulina diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

  4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Kulina (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Kulina bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Aplikasi & Portal Web Kulina Instan

  • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi & Portal Web Kulina Instan.

  • Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi & Portal Web Kulina Instan.

  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna.

  • Kualitas, keamananan, kebersihan Produk.

  • Pengiriman Produk.

  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

  • Perselisihan antar Pengguna dan  perselisihan antar Pengguna dengan Pelanggan.

  • Pencemaran nama baik pihak lain.

  • Setiap penyalahgunaan Produk yang sudah dibeli oleh Pelanggan.

  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Aplikasi & Portal Web Kulina.

  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi & Portal Web Kulina.

  • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Aplikasi & Portal Web Kulina.

  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Aplikasi & Portal Web Kulina yang tidak sesuai.

  • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

L. Pelepasan

Apabila Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna yakni Merchant Kulina Instan lainnya dan/atau perselisihan dengan Pelanggan, Pengguna melepaskan Kulina (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

 

M. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Kulina dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Kulina (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Aplikasi & Portal Web Kulina yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

 

N. Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun sehubungan dengan Aplikasi & Portal Web Kulina  dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam wilayah hukum yang termasuk dalam yurisdiksi Kulina.

 

O. Pembaruan

Syarat dan Ketentuan ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kulina menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Aplikasi & Portal Web Kulina dan/atau Aplikasi & Portal Web Kulina Instan , maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Gedung Kulina Lt. 3, Jalan Tulodong Atas No. 28, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190, Indonesia

Support

hello@kulina.id

Telp. 08112657575

WA 08112657575

Made with ❤️ from Indonesia. Kulina ©2020